Pages

Kamis, 24 Mei 2012

Tulisan Manusia dan Keindahan


Manusia dan Keindahan


Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

Sekarang orang mengatakan menurut cakupannya orang hams membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful (benda atau hal yang indah). Dalam pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang dicampur adukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, seperti yang kita lihat pada contoh di bawah ini, berbicara mengenai arti dari keindahan dalam arti yang sangat luas luas, keindahan dalam arti estetis murni, keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Misalnya ada pendapat pakar yang menyebut tentang watak yang indah dan hulcum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagi sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah. 

Keindahan, pasti banyak definisi yang terpikirkan oleh kita. Ya, memang keindahan itu banyak definisinya. Ada yang mengatakan keindahan itu adalah suatu hal yang apabila kita melihatnya kita akan merasa takjub. Dan ada juga yang mengatakan bahwa keindahan itu dapat dirasakan oleh semua panca indra kita, dan masih banyak lagi definisi-definisi yang diungkapkan oleh setiap orang.

Ya, memang jika kita berbicara tentang keindahan pasti tidak terlepas dengan yang namanya ketenangan jiwa. Karena setiap kita melihat atau merasakan keindahan, pastilah hati kita menjadi tentram karena keindahan tersebut. Sebenarnya, keindahan itu adalah suatu yang abstrak atau tidak bisa dikira-kira. Karena, memang yang namanya keindahan itu banyak jenisnya, ada keindahan alam, ada keindahan lingkungan dan masih banyak lagi jenis-jenis keindahan yang ada di bumi ini.

Seperti yang di ungkap oleh artikel di atas. Bahwa Batu Karas (Jawa Barat) adalah suatu objek wisata yang terkenal akan keindahan pantainya. Ya, itu adalah salah satu contoh objek-objek wisata yang sangat indah yang dimiliki oleh Indonesia dan masih banyak lagi objek-objek wisata lainnya yang tak kalah indahnya. Indonesia itu adalah negeri yang terkenal akan keindahan alamnya. Banyak keindahan-keindahan alam di Indonesia yang harusnya bisa kita telusuri, karena terdapat ribuan pantai dan wisata-wisata lainnya yang terdapat di negeri ini. Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa sudah sepantasnya menjaga dan melestarikan keindahan-keindahan alam yang ada di negeri ini.

Kembali kepada hakikatnya bahwa keindahan itu adalah suatu nilai yang sulit untuk diungkapkan oleh kata-kata, karena keindahan itu baru akan terasa jika kita menikmati keindahan tersebut. Seperti kita menikmati suatu lukisan, musik dan lainnya. Barulah kita dapat merasakan apa itu keindahan. Dengan kata lain, keindahan itu adalah sesuatu yang abstrak dimana hanya kita sendiri yang bisa menganggap apakah sesuatu itu indah atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar