Pages

Jumat, 27 September 2013

Artikel "Grafik Komputer dan Pengolahan Citra"


Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer

Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan,  manipulasi gambar (visual) secara digital. Istilah “Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 pada tahun William Fetter,dimulai model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik. Kemudian pada tahun 1961 oleh Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi grafik komputer, serta pada tahun-tahun berikutnya grafik komputer mengalami banyak perkembangan yang sangat signifikan sehingga mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang sekarang berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer juga bisa disebut dengan visualisasi data. Grafik komputer dapat dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa nyata dan grafik komputer bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.

Manfaat dari grafik komputer ini sendiri antara lain :
  • Membuat gambar ilustrasi atau sketsa
  • Membuat desain-desain sebuah alat, logo dan lain-lain
  • Pembuatan film 3D

Bidang bagian dari grafik komputer yakni :
  • Geometri untuk mempelajari cara menggambarkan sebuah permukaan bidang
  • Animasi untuk mempelajari cara meenggambar dan memanipulasikan sebuah gerakan pada gambar
  • Rendering untuk mempelajari sebuah alur untuk menampilkan efek cahaya pada gambar
  • Citra (imaging) untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Aplikasi dari grafik komputer sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu dalam pemilihan software serta bahasa pemrograman yang tepat dapat membantu untuk menciptakan gambar-gambar yang hasilnya nanti dapat menyerupai bentuk aslinya. Salah satu software dan bahasa pemrograman yang dapat membantunya adalah Borland C++ Builder. C++ itu sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk membuat aplikasi grafik. Borland C++ Builder mempunyai fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) dapat memudahkan penggunanya dalam pembuatan aplikasi grafik.
Contoh aplikasi grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari, antara lain :
  • Bidang Hiburan
Di zaman era globalisasi ini, semua acara hiburan di TV sudah mulai banyak menggunakan grafik komputer. Di mulai dari film-film kartun, komersial break (iklan) sampai acara sinetron. Grafik komputer tersebut dapat berupa efek animasi. Tujuannya agar film tersebut terlihat lebih menarik untuk ditonton.
  • Bidang Perancangan
  Di dalam bidang perancangan, grafik komputer itu sendiri digunakan untuk membuat berbagai desain perancangan sebagai model objek yang akan dibuat. Sebagai contoh untuk mendesain suatu arsitektur pembangunan, desain kendaraan, dan lain sebagainya. 
  •  Bidang Pendidikan
  Di dalam ilmu pendidikan, grafik komputer sendiri dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Pengajar dengan mudah menyampaikan ilmu kepada orang yang sedang diajarkannya, melalui microsoft powerpoint atau software lainnya.
  • Bidang Kesehatan
Di bidang kesehatan, grafik komputer digunakan untuk membantu para dokter melihat keadaan dalam tubuh pasien yang tidak dapat di lihat langsung secara kasat mata, sebagai contoh untuk men-rontgen tubuh manusia.

Masih banyak aplikasi grafik komputer lainnya,yakni persentasi grafik, sistem multimedia, antar mukapengguna atau GUI (Grafical User Interface), persentasi saintifik, dan lain-lainnya.

Pengolahan Citra

Citra merupakan sebuah gambar yang di ambil oleh sebuah alat bantu, misalnya kamera, sinar X dan lain-lain. Jadi pengolahan citra adalah suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah gambar yang lebih baik dan sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya di tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian direkam.

Citra sendiri sebuah data dan informasi yang dapat disampaikan dalam bentuk teks, audio, video, dan animasi. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai hubungan yang saling terkait satu sama lainnya.
Manfaat dari pengolahan citra antara lain :
  • Memperbaiki kualitas gambar yang dilihat dari aspek peningkatan kontras, transformasi warna, dan restorasi citra serta dari aspek rotasi, translasi dan skala
  • Melakukan pemilihan citra yang optimal untuk tujuan analisis
  • Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data
Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap pencitraan, dikategorikan sebagai berikut :
  • Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri
  • Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu
  • ·Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra
Contoh aplikasi pengolahan citra antara lain :
  • Bidang Geografi dan Geologi

Digunakan untuk  pemetaan batas wilayah melalui foto udara / Landsat
dan mengenali jenis dan bentuk lapisan batuan bawah permukaan bumi melalui rekonstruksi hasil seismik.

  • Bidang Kepolisian/Hukum

Digunakan untuk pengenalan pola sidik jari (finger print), rekonstruksi wajah pelaku kejahatan, dan pengenalan pola hasil uji balistik.

  • Corel Painter

Program pencitraan ini sekarang tersedia di Windows dan Macintosh. Pengguna dapat menggunakan program ini untuk membuat gambar yang terlihat alami dengan fitur freehand nya. Pengguna juga dapat memilih dari beberapa efek seperti cat minyak dan cat air dan mencetak output dalam kanvas atau kertas.

  • Penggunaan Ultrasonografi (USG)

Ultrasonografi medis (sonografi) adalah sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Mesin USG berfungsinya untuk mengolah data yang diterima dalam bentuk gelombang. Mesin USG mempunyai komponen-komponen yang sama seperti pada CPU pada PC sehingga cara USG merubah gelombang menjadi sebuah gambar.

Contoh aplikasi lainnya adalah pemetaan tutupan lahan, pendektesi perubahan lahan, eksplorasi mineral,manajemen sumbe daya hutan, eksplorasi gas dan minyak, serta masih banyak lainnya.


Demikianlah artikel yang saya buat tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Sumber :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Grafik Komputer', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Posting Komentar