Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

Ide Kreatif untuk Sebuah Organisasi


Ide Kreatif untuk Sebuah Organisasi

Di tugas mata kuliah “Teori Organisasi Umum” saya akan membahas tentang organisasi Remaja Islam Masjid yang disebut dengan RISMA. Organisasi ini berdiri sejak tahun 1996 yang beranggotakan remaja-remaja islam yang tinggal di sekitar masjid AL-Hijrah. RISMA ini di bawah naungan pengurus masjid AL-HIJRAH. Kabarnya organisasi ini akan di hilangkan, karena kurangnya daya tarik dari kegiatan di dalam organisasi tersebut. Saya mencoba memberikan ide kreatif agar organisasi tersebut tidak dihilangkan, karena organisasi ini banyak manfaatnya untuk kalangan remaja saat ini. Di zaman sekarang remaja-remaja islam jarang sekali mengikuti kegiatan-kegiatan islam, mereka hanya sebatas melakukan kegiatan-kegiatan islam di dalam rumahnya bersama keluarganya.


Kegiatan yang dilakukan di dalam risma ini hanya sebatas kumpul-kumpul biasa, pengajian yang dilaksanakan setiap malam jum’at di minggu terakhir bulan tersebut, dan menjadi panitia suatu acara di hari-hari besar tertentu. Menurut saya itu monoton, karena RISMA akan muncul di hari-hari tertentu saja. Tidak ada program-program untuk kegiatan jangka panjang sehingga kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja sehingga membuat anggotanya merasa bosan. Suatu ketika pernah terjadi pengajian di malam jum’at tidak ada remaja yang hadir, tetapi bapak-bapak dan ibu-ibu saja yang hadir.


Ide kreatif yang akan saya kemukakan yaitu :
1.   Mengadakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggu di malam jum’at. Kegiatan tersebut adalah pengajian bergilir, dengan ketentuan tuan rumah, MC, pemimpin doa, dan penceramah yang berbeda di setiap minggunya.
2.  Mengadakan pertemuan untuk remaja wanita seminggu sekali untuk kegiatan mentoring dan kelas hijabers.
3.  Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diadakan setahun sekali pada perpindahan masa jabatan.
4.   Mengadakan pembinaan potensi anggota, yang terdiri dari :
a.       Potensi dalam bidang jurnalistik
b.      Potensi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
c.       Potensi dalam bidang seni
5.   Mengadakan acara pesantren kilat yang diadakan setiap bulan puasa, yang diikuti oleh anak-anak yang berumur 5-12 tahun.

Mungkin hanya beberapa ide kreatif yang dapat saya kemukakan. Semoga ide kreatif ini dapat bermanfaat untuk organisasi tersebut. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.


(Sumber : Ketua RISMA AL-HIJRAH)

0 komentar:

Posting Komentar